Iklan

Jumat, 20 April 2012

Red Mist Spongebob

Siapa yang tidak kenal film serial Spongebob. Tokoh yang lucu, unik, dan kotak ini membuat semua orang bergembira. 
Tau gak kalian klo ada satu episode Spongebob yang dilarang oleh Nickeledeon? Judul episode tersebut adalah "Red Mist" yang berarti kabut merah. Episode ini juga di sebut sebagai lost episode dan squidward Suicide.Episode ini dilarang Nickeledeon karena bagi orang yang tidak kuat mental seperti anak-anak akan mengalami gangguan mental dan berunsur kekerasan. Episode "Red Mist" ini dikabarkan dibuat oleh pembunuh berantai dari Skotlandia. Jika penasaran, langsung saja kital lihat jalan ceritanya:
 
Kisah ini dimulai dengan adegan Squidward yang sedang berlatih klarinet untuk resital klarinet solonya esok hari (klise). Lalu, seperti biasa Squidward merasa terganggu dengan keributan yang ditimbulkan Spongebob dan Patrick yang sedang asyik bermain. Ia pun memarahi mereka berdua dan kembali melanjutkan latihannya.


Tiba-tiba, pintu rumah Squidward terketuk. Squidward turun dan membuka pintu rumahnya dan tampaklah seorang (atau seekor? Mengingat bahwa ia adalah ikan) berpakaian adat Skotlandia dengan mata merah menyala. Tanpa ba-bi-bu, Squidward langsung membanting pintu rumahnya tanpa memberi kesempatan kepada orang itu untuk berbicara. Pintu kembali terketuk, berkali-kali dan semakin keras suaranya. Akhirnya, Squidward menyerah, kembali membukakan pintu dan membiarkan orang aneh itu berbicara. Dengan wajah kesal, orang tersebut pun berteriak "RED MIST IS COMING!". Lalu, orang aneh itu pun pergi. Squidward yang kebingungan dan takut akhirnya kembali ke kamarnya untuk berlatih klarinet.



Disinilah teknik penganggu mental dimulai.
Setelah itu, latihan Squidward terganggu kembali oleh suara Spongebob dan Patrick yang sedang bermain. Squidward yang kesal lalu membentak Spongebob dan Patrick, ia mengatakan bahwa ia perlu latihan untuk konsernya besok. Spongebob dan Patrick lalu meminta maaf dan pulang. Lalu, Squidward kembali kedalam rumahnya.
Disaat Squidward sedang berlatih klarinet, perlahan-lahan scene berrubah warna menjadi nuansa merah darah. Mata Squidward pun ikut menjadi merah menyala. Nampaknya, memang sengaja dibuat demikian agar penonton merasa takut yang mendalam karena suasana gambar (video) yang ditampilkan selaras dengan (audio) yang terkesan menyeramkan namun secara perlahan. (bener, bener.. nyeremin dah buat saya)
Lalu, scene berganti, menampikan adegan saat Squidward mengadakan konser di keesokan harinya. Mata Squidward tetap berwarna merah darah (yang menyeramkan). Hampir semua tokoh didalamnya ditampilkan dengan mata yang berwarna merah menyeramkan. Saat itu, tampak jelas sekali jika sang animator memfokuskan adegan pada warna mata tokoh - tokoh dalam serial itu.
Adegan berlanjut dengan Squidward yang pulang dengan kecewa karena dipermalukan ketika konser. Di tengah perjalanan sang pembuat video pun menampilkan lagi teknik pengendalian jiwa, yaitu menampilkan adegan Squidward dengan muka sedih nya sedang dalam perjalanan. Adegan itu berlangsung berulang-ulang, sehingga membuat penonton merasa hanyut dan masuk ke dalam suasana hening tersebut. Disaat inilah pikiran kita dikendalikan oleh audio dan visual yang ada.
Saat sampai rumah, Squidward pun termenung dan teknik pengendalian jiwa yang ditampilkan adegan sebelumnya terjadi lagi, tapi kali ini ditambah dengan efek gambar yang sedikit demi sedikit bergoyang keras, ini bertujuan untuk mentidak stabilkan emosi kita karena sebelumnya otak dan jiwa kita telah dikendalikan oleh video tersebut. Wajah Squidward mulai diberi efek yang cukup menyeramkan bagi anak - anak untuk ditonton.
Kemudian, ada tirai dan muncul kepala Squidward secara perlahan dengan wajah sedih dan mengeluarkan darah dari matanya, suasana menjadi hening dan terlihat depresi yang luar biasa yang mengendalikan emosi kita dilatarbelakangi suara berisik yang menganggu. Setelah itu, Squidward mengambil pistol, dan menarik pelatuk pistol di kepalanya. Ia pun bunuh diri. Itulah mengapa Red Mist juga sering disebut sebagai episode Squidward Suicide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar